Halooo Sobat Safe Tra!
Apa kabar? semoga dalam keadaan sehat semua yaaa…
Kalian udah tau belum apa itu ERP? kalau belum tau cek artikel sebelumnya yaa…
Jadi kali ini mimin akan membahas ERP untuk gempa bumi pada perusahaan.
Yuk simak pembahasannyaa…
Gempa bumi merupakan ancaman yang bisa mengganggu operasional bisnis dan membahayakan keselamatan karyawan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki Emergency Response Plan (ERP) untuk mengurangi dampak negatif dari gempa. Berikut adalah komponen utama dalam menyusun ERP gempa bumi:
1. Penilaian Risiko dan Bangunan
Pertama, perusahaan harus melakukan analisis risiko gempa berdasarkan lokasi dan memastikan bangunan memiliki struktur yang tahan gempa, kemudian melakukan audit rutin dan penguatan bangunan (retrofitting) untuk meningkatkan ketahanan.
2. Rencana Evakuasi
Selanjutnya rencana evakuasi harus mencakup jalur keluar yang aman dan titik kumpul jauh dari risiko runtuhan dan membentuk tim tanggap darurat yang terlatih untuk memandu evakuasi dan menangani keadaan darurat.
3. Pelatihan Karyawan
Ketiga, seluruh karyawan perlu dilatih untuk bertindak saat gempa terjadi. Latihan berkala akan memastikan kesiapan seluruh karyawan. Safe Tra menyediakan pelatihan ERP dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya. Bisa banget nih kalian ikut pelatihan ERP di Safe Tra Indonesia.
Eitss yuk lanjut lagi..
4. Sistem Komunikasi Darurat
Menyiapkan sistem komunikasi yang jelas, termasuk peringatan dini dan kontak dengan layanan darurat. Pastikan semua karyawan mengetahui cara berkomunikasi selama dan setelah gempa.
5. Perlengkapan Darurat
Perusahaan harus menyediakan perlengkapan darurat seperti kotak P3K, senter, helm pelindung, serta makanan dan air yang cukup. Perlengkapan ini harus selalu dalam kondisi siap digunakan.
6. Kelangsungan Bisnis (Business Continuity Plan)
Menyiapkan rencana pemulihan operasional bisnis pasca-gempa, termasuk proteksi data dan fasilitas kerja cadangan. Ini membantu meminimalkan gangguan terhadap bisnis.
7. Koordinasi dengan Pihak Eksternal
Menjalin hubungan dengan layanan darurat dan otoritas lokal. Pastikan juga komunikasi dengan klien, pemasok, dan mitra bisnis untuk kelancaran operasional pasca-gempa.
8. Evaluasi dan Pembaruan Rencana
Dan yang paling terakhir yaitu evaluasi ERP setelah latihan atau kejadian nyata, lalu lakukan pembaruan untuk mengatasi kelemahan yang ditemukan.
Dengan ERP yang efektif, perusahaan dapat melindungi karyawan, aset, dan memastikan kelangsungan operasional bisnis selama dan setelah gempa bumi.
Bagi kalian yang mau lebih paham terkait ERP dan juga punya kebutuhan ERP bagi perusahaannya. Yuk langsung hubungi kontak dibawah ini.
Contact person :
(021) 2762-3629 (Kantor safetra)
0818-0532-4943 (Marketing)
0813-8425-3270 (Alternatif)
Sosial Media ⇓
Website : www.safetra.co.id
Youtube : Safetra Indonesia
Instagram : PT Safetra Indonesia
Facebook : PT Safetra Indonesia
Tiktok : Safetra Indonesia
Twitter : Media.Safetra
Penulis : Indah DC
Safetra Training Center, Bintaro Sektor 9
Jalan Elang VIII Terusan No 11 Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
SAFETRA …….TRAINING CENTER PILIHAN KITA